Friday, November 7, 2008

politics vs economy

waktu pilih-pilih jurusan kemaren, mama bilang “kamu cocok d jurusan hukum” gara-gara aku suka ngomel panjang lebar nan ga jelas kalu ada debat ato berita seputar politik d tv, tapi aku paling ga suka ama yang namanya hafalan. aku uda kebayang-bayang, kalu aku masuk jurusan hukum bakal makan ati ngeliat ada pelanggaran hukum ini itu d depan muka tapi ga ada *ato ga bisa?* penanganan secara hukum sama sekali. bahkan mungkin aku juga ngelanggar hukum. dan kudu ngehafal undang-undang yang macem n banyaknya uda sebanyak jurusan angkot, bahkan mungkin lebih banyak, aduh, ampun deh, mendingan ngehafal jurusan angkot!

hubungan internasional„ ini dia. politics. tapi dipandang sirik sama papa “politik itu mainan kotor!” aduh, dalem„ susah juga kalo milih jurusan yang gak diridhoi sama papa. mama sih kasih izin. tapi kan papa yang ngasi suntikan dana kuliah T.T yah tetep nyoba aja di ujian saringan masuk unpar pertama, tapi gak keterima *menghela napas panjang*

ilmu administrasi bisnis„ hmmmm.. diliat-liat mata kuliahnya seru-seru juga. belajar berbagae macem manajemen. kalu gitu apa bedanya sama jurusan manajemen? anehnya lagi jurusan ilmu administrasi bisnis masuk FISIP„ loh?? *garuk-garuk* begini„ di jurusan ilmu administrasi bisnis gak sekedar belajar berbagai manajemen ajah. tapi juga politik, sosiologi, hukum, n teknologi informasi. yuk ngebayangin bareng-bareng, gini„ misal aja kamu punya bayangan peluang usaha bikin produk A yang kamu yakini bisa berkembang di singapore, kamu gak bakalan langsung bikin company di sana kan? kamu pasti mikirin kira-kira penduduk singapore bisa accept produk A ini ato ga? budaya yang ada di singapopre bisa terima keberadaan produk A ini ato ga? trus kamu pasti mikirin lagi, di singapore pemerintahnya punya kebijakan n hukum apa aja yang bisa support kamu kembangin company kamu d sana? mereka support para wirausaha ato ga? lingkungan kerja nya gimana? kudu make teknologi apa n gimana? nah„ hal-hal macem ini nih yang bikin jurusan ilmu administrasi bisnis beda dari jurusan manajemen *ada yang sama juga sih beberapa hehehe* d ilmu administrasi bisnis, mahasiswa dikasi dasar sampai ke akar-akarnya tentang mendirikan, mengembangkan, n mengelola suatu company. hmmm.. aku mulai mikir, aku butuh ini d masa mendatang. ini bukan cuma tentang aku juga, tapi tentang keluarga, n rumah tangga ku d masa depan. dengan ilmu yang nantinya aku dapet di ilmu administrasi bisnis, aku harap, bisa punya penghasilan n tabungan sendiri, ngembaliin duit papa mama yang selama ini uda dikucurkan buat nyekolahin aku, nabung buat kehidupan rumah tangga ku besok..

yeah„ positif sudah ambil jurusan ini, walopun sebenernya aku gak gitu suka ekonomi, sedari SMP kemaren, nilai ekonomi d rapor juga cuma berkisar 6 - 7, tapi aku suda bertekad bulat insaf, kudu mulai cinta ekonomi sedari sekarang„ demi semua yang aku sebut tadi d atas.

sekarang uda jalan sampe semester 3 d jurusan ilmu administrasi bisnis, tetep aja, masih doyan baca tentang politik, dan masi suka ngomel panjang lebar nan ga jelas hehehe„ mau bilang makasih buat pole, karena suda bantu aku jadi tamba cinta sama ekonomi tanpa menganaktirikan politik *pole ngapain coba? bingung yah? muahaha* kek hari ni tadi, kalu pole gak bilang dolar nyaris masuk tahap psyco aku juga ga bakal tau hehehe :p aduh pole, sadar ngga sih, ngobrolin topik apapun sama dirimu tuh nyambung! dari yang ngga ngerti n ga nyambung pun tetep jadi nyambung *ngaku-ngaku hehehe :p*„ jangan capek ngobrol ma aku y pole walopun kadang suka lemod kebanyaken ha? he? ha? he? :D liebe dich, mwahh~

posted on xiuxin.tumblr.com *tuesday, 7 october 2008*

No comments: